-
.

30 Nov 2012

^Hujan^


Bismillah,

Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam bersabda,

"Perumpamaan petunjuk dan ilmu yang Allah mengutusku dengannya laksana hujan deras yang menimpa tanah. Diantara tanah itu ada yang subur. Ia menerima air lalu menumbuhkan tanaman dan rerumputan yang banyak. Diantaranya juga ada tanah kering yang menyimpan air. Lalu Allah memberi manusia manfaat darinya sehingga mereka meminumnya, mengairi tanaman, dan berladang dengannya.

Hujan itu juga mengenai jenis (tanah yang) lain yaitu yang tandus, yang tidak menyimpan air, tidak pula menumbuhkan tanaman. Itulah perumpamaan orang yang memahami agama Allah, lalu ia mendapat manfaat dari apa yang Allah mengutus aku dengannya. Juga perumpamaan atas orang yang tidak menaruh perhatian terhadapnya. Ia tidak menerima petunjuk Allah yang dengannya aku diutus."

(Hadits shahih: Diriwayatkan oleh al-Bukhari (no. 79) dan Muslim (no. 2282), dari Shahabat Abu Musa al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu. Lafazh hadits ini milik al-Bukhari)

Disalin dari Kitab "Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga - Panduan Menuntut Ilmu" hal. 23-24, oleh al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas - penerbit Pustaka at-Taqwa, cetakan ketiga Shafar 1429 H/Februari 2008

^^

0 komentar:

Posting Komentar